membuat halaman beranda ( homepage ) `

sudahkah anda membuat homepage / halaman beranda berbeda dengan halaman postingan .. lalu bagaimana aturan CSS nya .. ?
yups .. Tutorial kita hari ini yaitu membuat Homepage / halaman beranda blog berbeda letaknya , bentuk dan bahkan anda juga dapat merubah warna backgroundnya sekalian ,atau jika berkenan silahkan melihat artikel mengenai penampilan beberapa halaman post / artikel blog sedikit berbeda  silahkan baca disini Tips membuat halaman Post / Artikel berbeda .
Baiklah , tips merubah halaman beranda ini kita  ini yaitu menggunakan widget di sidebar blog anda . entah itu di kiri atau di bilah kanan halaman post . yang pertama anda harus buat aturan css untuk widget yang akan di jadikan halaman home yang berupa kata sambutan , kata pembuka atau anda juga dapat mengisi widget - widget yang ingin anda tampilkan di halaman home tadi .
seperti berikut ini aturan cssnya :
.homepage_mastony{margin:0;padding:10px;position:relative;width:280px;top:15px;left:-280px;float:none;text-shadow:-1px 1px 1px #fff;border:1px solid white;border-radius:10px;-moz-border-radius:10px;-webkit-border-radius:10px;-o-border-radius:10px;display:none;visibility:hidden;background:#C7DCD8;}

Note : untuk kode css berwarna hijau anda sesuaikan dengan template atau layout anda masing - masing sedangkan left:-280px; posisi widget di geser dari kanan ke kiri untuk merubah dari kiri ke kanan hapus tanda kurang ( - ) seadangkan top:15px; posisi widget di geser dari atas ke bawah silahkan sesuaikan nilai value nya .

kode diletakkan di atas kode ]]></b:skin> pada pada template anda .
jika sudah anda perlu membuat kata - kata sambutan / pembuka di dalam widget anda .
  1. pilh template --> tata letak --> tambah gadget
  2. kemudian ketikkan kata -kata anda disitu dengan metode html sebagai berikut ini
<div class="homepage_mastony">halaman utama atau homepage anda halaman utama atau homepage anda halaman utama atau homepage anda    halaman utama atau homepage anda  halaman utama atau homepage anda </div>

mengatur ulang letak widget
anda juga dapat merubah letak widget - widget anda yang semula berada di kanan menjadi ke kiri atau sebaliknya yang ingin di tampilkan di halaman utama ( HOMEPAGE ) contoh widget milik blognya mastony yang ber title Artikel Terbaru dan Populer Post dengan id Feed1,PopularPosts1 maka kita harus buat aturan css ulang untuk widget tersebut .

seperti di atas gambar id widgetnya , maka kita meletakkan ulang kode css untuk id widget tersebut seperti ini #Feed1,#PopularPosts1{atur disini kode cssnya } .
sebelumnya cari dulu kode seperti ini .

 ]]></b:template-skin> jika sudah tambahkan kode seperti ini tepat di bawah / sesudah kode  ]]></b:template-skin> tadi .



<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<style>#HTML3,#HTML9,.comments ,#HTML6,.blog-pager,.post-footer,h3.post-title,.sidebar h2,.post-body{display:none;height:0;padding:0;visibility:hidden;}#Feed1 {width:210px;position:relative;right:675px;top:50px;display:block;margin:0;}
#PopularPosts1{width:210px;position:relative;right:675px;top:0px;display:block;margin:0;}#PopularPosts1,#Feed1,#Followers1,#HTML2{text-shadow:-1px 1px 1px #fff;background:#C7DCD8;border:1px solid white;border-radius:10px;-moz-border-radius:10px;-webkit-border-radius:10px;-o-border-radius:10px;box-shadow:-10px 10px 0px #4E736D,-20px 20px 25px #444444;-o-box-shadow:-10px 10px 0px #4E736D,-20px 20px 25px #444444;-moz-box-shadow:-10px 10px 0px #4E736D,-20px 20px 25px #444444;-webkit-box-shadow:-10px 10px 0px #4E736D,-20px 20px 25px #444444;}
}
.homepage_mastony
{display:block;visibility:visible;}
</style>
</b:if>
.homepage_mastony pemanggilan ulang karna kita pada aturan css sebelumnya kita mengatur display:none;visibility:hidden; yang kita ubah menjadi display:block;visibility:visible;

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> .disini content... ... </b:if> untuk mencegah agar tidak nampak ketika di halaman postingan / artikel blog .

sedangkan #HTML3,#HTML9,.comments ,#HTML6,.blog-pager,.post-footer,h3.post-title,.sidebar h2,.post-body{display:none;height:0;padding:0;visibility:hidden;} adalah untuk mencegah widget - widget anda yang tidak ingin di perlihatkan ketika di homepage .

jika sudah klik preview / pratinjau cek secara berkala agar nantinya hasilnya bagus . jika letaknya iingin anda atur ulang ganti kode left: atau top: pada aturan css .homepage_mastony #Feed1,#PopularPosts1 diatas hanyalah sebagai contohnya saja selanjutnya anda bisa berexperimen sendiri menurut insting .
untuk border radius anda bisa baca selengkapnya di sini sudut lengkung ROUNDED CORNER atau jika anda membutuhkan cara memberi background blog anda bisa simak disini Merubah warna background blog .
dari sini tutorial membuat halamam beranda / Homepage selesai dan apabila artikelnya kurang jelas anda bisa tanya di kotak komentar . dan saya ucapkan ... GOOD LUCK!!!


Terima kasih Anda telah membaca Artikel mengenai membuat halaman beranda ( homepage ) dan Kata kunci untuk Artikel ini yaitu membuat halaman beranda ( homepage )

5 komentar:

  1. ane pusing nich gan dari siank sampek malem cari cara gimana biar iklan yang saya pasang di atas komentar blog dan juga di dalam artikel semua terlihat.. jadi penuh-penuhin saat lihat home page.. Mohon pencerahannya dan salam kenal gan...

    BalasHapus
  2. maksum@ iya silahkan di pelajari mungkin artikelnya saya kurang bagus ,, nnti Q kan meluncur ke blog masbro .. oke makasih kommennya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nich gan mau oprak aprik template lagi... Coba pakai cara ini,, semoga berhasil gan...

      Hapus
  3. maksum @ silahkan di teliti lg. kalau masih ribet pake yang post di jadiin halaman beranda ja brow.

    BalasHapus

Silahkan Anda Komentarkan Tentang Post ini yang baik dan sopan,
Jangan sampai komentar anda dianggap spam . . .